Cara Membuat Keripik Pisang Enak Renyah

Cara Membuat Keripik Pisang Enak RenyahDi daerah tempat saya tinggal sekarang ini dekat dengan laut. Rata-rata pohon yang banyak ditanam itu kelapa sama pisang. Banyak sekali terdapat tengkulak kelapa dan pisang di sini, kalau saya lagi jalan-jalan sering sekali melihat tumpukan kelapa dan pisang di tengkulak. Bahkan kalau saya mudik ke Sumedang, saya suka memborong kelapa tua pesanan ibu mertua dan kaka ipar, untuk bahan olahan memasak. Karena di sini harganya jauh lebih murah. Karena saya tidak terlalu lihai memasak dengan olahan kelapa, saya kurang begitu tertarik kalau melihat kelapa. Lain halnya dengan pisang. Setiap hari melihat tumpukan pisang diangkut menggunakan mobil pick up, membuat mata saya sedikit membesar dan mulut saya sedikit terbuka seraya berkata “waaaaw, sedapnya pisang goreng” hehehe

Selain mengandung vitamin, pisang itu makanan yang serbaguna. Dimakan langsung bisa, dikukus enak, digoreng enak banget, dibikin bolu cake apalagi, dibikin pisang keju luar biasa! Ah, pokonya pisang itu top markotop deh, saya suka! Saya suka! Hee. Saya sering membeli pisang, biasanya kalau tidak digoreng ya dikukus, kalau enggak dikukus dibuat pisang keju, tergantung pesanan anak-anak juga, hee. Rasanya bosen juga kalau beli pisang cuma digitu-gituin aja, pengen coba yang lain. Hemmm, gimana kalau kali ini kita coba bikin keripik pisang. Resep di bawah ini dijamin deh bakal ngasilin keripik pisang yang enak dan renyah. Ikutin ya.

Cara Membuat Keripik Pisang Enak Renyah

Resep Keripik Pisang

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • Pisang kepok atau pisang apa saja sesuai selera anda sebanyak 1 sisir (yang masih mentah yah)
  • Bawang putih sebanyak 5 siung
  • Kunyit sebanyak 3 ruas (optional aja, kalau ga suka ga pake juga ga apa-apa)
  • Kapur sirih secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Cemilan Enak Renyah Keripik Pisang

  1. Buang kulit pisang, lalu iris tipis, bisa dengan pisau atau parutan buah.
  2. Haluskan bawang putih, kunyit, dan garam.
  3. Rendam potongan pisang dengan kapur sirih selama kurang lebih 30 menit.
  4. Kemudian rendam lagi dengan bumbu yang sudah dihaluskan dan sedikit air.
  5. Rendam kembali selama kurang lebih 30 menit. Tiriskan.
  6. Panaskan minyak, lalu goreng keripik pisang sampai matang, kering, dan renyah.

Setelah perendaman kedua, segera goreng keripik pisang, jangan didiamkan terlalu lama, karena itu akan membuat keripik menjadi keras.

Taraaa, keripik pisang siap masuk toples, tutup rapat toplesnya yah biar ga masuk angin, hee. Gampang banget kan bikin keripik pisang? Jangan lupa coba di rumah yah!

cara membuat kripik aceh
Loading...
Cara Membuat Keripik Pisang Enak Renyah | Ika Ayeeh | 4.5