Cara Membuat Es Laksamana Mengamuk Riau Segar

Cara Membuat Es Laksamana Mengamuk Riau SegarSiang hari, panas-panas, enaknya itu minum es yang seger, apalagi kalau pulang kerja, cape, haus, pasti yang terbayang itu minuman dingin yang rasanya seger, ugh udah nyangkut aja nih ditenggorokan. Ingin mencoba minuman yang luar biasa? Kita cobain yuk es laksamana mengamuk. Ko aneh ya nama nya? Minuman ini adalah salah satu minuman tradisioanal yang berasal dari daerah Pekanbaru, Riau yang memiliki rasa khas dari mangga kweni dengan dicampur sirup yang segar dan nikmat. Enak dan segarnya kebangetan, ngamuk banget pokoknya. Apalagi aroma buah yang mengundang rasa penasaran di lidah untuk mencicipinya pasti gak nahan deh. Biar gak ngiler dan jadi bikin seger, minuman yang satu ini memang patut untuk dicoba.

Penasaran dengan rasa es laksamana mengamuk? Tidak usah pergi jauh-jauh ke Riau, kita coba bikin di rumah aja yuk, tinggal di cek aja resep cara buatnya di bawah ini.

Cara Membuat Es Laksamana Mengamuk Riau Segar

Resep Minuman Es Laksamana Mengamuk Khas Riau

Bahan-bahan yang digunakan:

  • 300 gr mangga kweni yang dipotong kotak-kotak
  • 1 sdt selasih yang direndam
  • 1 buah kelapa muda yang diserut
  • 600 gr es batu

Bahan untuk membuat kuah:

  • 600k ml santan
  • 3 lembar daun pandan yang diikat simpul
  • ¼ sdt garam

Bahan untuk membuat sirup:

  • 250 ml air matang
  • ¼ sdt garam
  • 250 gr gula pasir
  • 2 lembar daun pandan

Cara Membuat Minuman Segar Es Laksamana Mengamauk Khas Riau

  1. Membuat kuah: Campurkan santan dengan garam dan daun pandan, rebus sampai mendidih sambil terus diaduk agar santan tidak pecah.
  2. Membuat sirup: Rebus air dengan menambahkan gula pasir, garam, dan daun pandan. Gunakan api kecil sampai air gula mengental, matikan kompor, lalu dinginkan.
  3. Cara penyajian: Siapkan gelas sji atau mangkuk.
  4. Simpan dan tata potongan mangga kweni, serutan kelapa muda, dan selasih ke dalam wadah.
  5. Tambahkan dengan menuangkan kuah santan dan sirup gula.
  6. Es laksamana mengamuk siap menyegarkan lidah dan tenggorokan anda.

Sudah tidak sabar ingin diamuk oleh rasa es laksamana mengamuk? cobain deh, dijamin ngamuk banget segernya!

Loading...
Cara Membuat Es Laksamana Mengamuk Riau Segar | Ika Ayeeh | 4.5